Download Silabus C3 -pemodelan perangkat Lunak
SILABUS MATA
PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Wira Buana 2
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran : Pemodelan
Perangkat Lunak
Durasi (Waktu) : 144
jam
Kelas/Semester : XI
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan
orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1
Memahami konsep pemodelan berorientasi objek
4.1
Mempresentasikan konsep pemodelan berorientasi
objek
|
3.1.1
Menjelaskan
konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek.
3.1.2
Menjelaskan
berbagai model perangkat lunak berorientasi obyek.
3.1.3
Menjelaskan
parameter pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek.
4.1.1
Mempresentasikan
model-model perangkat lunak berorientasi obyek
|
·
Model
waterfall/ sekuensial liniear
·
Model
prototype
·
Rapid
Aplication Development
·
Model
evolution development
·
Model
spiral
|
8
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi
obyek
·
Mengumpulkan data tentang konsep
pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek
·
Mengolah data tentang konsep
pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek
·
Mengomunikasikan tentang konsep
pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek
|
|
3.2
Memahami kebutuhan sistem berorientasi objek
4.2
Mempresentasikan kebutuhan sistem berorientasi
objek
|
3.2.1
Menjelaskan kebutuhan
pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
3.2.2
Menerapkan kebutuhan
pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek
4.2.1
Mempresentasikan kebutuhan pemodelan sistem perangkat lunak
berorientasi obyek.
|
|
12
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang kebutuhan sistem
berorientasi objek
·
Mengumpulkan data tentang kebutuhan sistem berorientasi objek
·
Mengolah data tentang kebutuhan sistem berorientasi objek
·
Mengomunikasikan tentang kebutuhan sistem berorientasi objek
|
|
3.3
Menerapkan alur kerja sistem berorientasi objek
4.3
Membuat alur kerja sistem
berorientasi objek
|
3.3.1
Menjelaskan alur kerja
pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
3.3.2
Menentukan alur kerja pemodelan sistem perangkat lunak
berorientasi obyek.
4.3.1
Membuat alur kerja
pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek
|
|
12
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang alur kerja sistem
berorientasi objek
·
Mengumpulkan data tentang alur kerja sistem berorientasi objek
·
Mengolah data tentang alur kerja sistem berorientasi objek
·
Mengomunikasikan tentang alur kerja sistem berorientasi objek
|
|
3.4
Menerapkan prosedur pembuatan model sistem
berorientasi objek menggunakan perangkat lunak
4.4
Membuat model sistem berorientasi objek
menggunakan perangkat lunak
|
3.4.1
Menjelaskan instalasi
aplikasi pemodelan perangkat lunak
3.4.2
Menjelaskan prosedur
pembuatan model sistem dengan aplikasi perangkat lunak
3.4.3
Menentukan model sistem
dengan aplikasi perangkat lunak
4.4.1
Membuat model sistem
berorientasi obyek sesuai prosedur dengan aplikasi perangkat lunak
|
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang prosedur pembuatan
model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak
·
Mengumpulkan data tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan
perangkat lunak
·
Mengolah data tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan
perangkat lunak
·
Mengomunikasikan tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan
perangkat lunak
|
|
3.5
Menerapkan relasi antar kelas dalam sistem
berorientasi objek
4.5
Membuat relasi antar kelas sistem berorientasi
objek
|
3.5.1
Menjelaskan konsep kelas
dalam pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
3.5.2
Menjelaskan relasi antar
kelas dalam sistem pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek.
3.5.3
Menerapkan relasi antar kelas
dalam pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek
4.5.1
Membuat pemodelan aplikasi
perangkat lunak berorientasi obyek dengan relasi antar kelas
|
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang relasi antar kelas
dalam sistem berorientasi objek
·
Mengumpulkan data tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek
·
Mengolah data tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek
·
Mengomunikasikan tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek
|
|
3.6
Menerapkan interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
4.6
Membuat interaksi antar objek dalam sistem
berorientasi objek
|
3.6.1
Menjelaskan konsep
interaksi dalam model aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek
3.6.2
Menerapkan interaksi dalam
pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.6.3
Menentukan interaksi dalam
model aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
4.6.1
Membuat pemodelan sistem
aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek dengan interaksi.
|
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang interaksi antar
objek dalam sistem berorientasi objek
·
Mengumpulkan data tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
·
Mengolah data tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
·
Mengomunikasikan tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
|
|
3.7
Menerapkan struktur antar komponen
dalam sistem berorientasi objek
4.7
Membuat struktur komponen dalam
sistem berorientasi objek
|
3.7.1
Menjelaskan
konsep komponen dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi
obyek.
3.7.2
Menjelaskan
struktur antar komponen dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak
berorientasi obyek.
3.7.3
Menerapkan
struktur antar komponen dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak
4.7.1
Membuat model
aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek menggunakan struktur antar
komponen.
|
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang struktur
antar komponen dalam sistem berorientasi objek
·
Mengumpulkan data tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
·
Mengolah data tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
·
Mengomunikasikan tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
|
|
3.8
Menerapkan dokumen laporan pengembangan sistem
aplikasi berorientasi objek
4.8
Membuat dokumen pengembangan aplikasi
berorientasi objek
|
3.8.1
Menjelaskan konsep laporan
dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.8.2
Menjelaskan parameter
pembuatan laporan dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi
obyek.
3.8.3
Menentukan jenis pelaporan
dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
4.8.1
Membuat model pelaporan
dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
|
|
12
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang dokumen laporan
pengembangan sistem aplikasi
berorientasi objek
·
Mengumpulkan data tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi berorientasi objek
·
Mengolah data tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi berorientasi objek
·
Mengomunikasikan tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi berorientasi objek
|
|
3.9
Menganalisis mekanisme dokumen meta-data
4.9
Mengkaji dokumen meta-data dan mekanisme implementasinya
|
3.9.1
Menjelaskan mekanisme
dokumen meta data dalam pemodelan aplikasi perangkat lunak berorientasi
obyek.
3.9.2
Menerapkan dokumen meta
data dalam pemodelan aplikasi perangkat lunak.
4.9.1
Menyeleksi penerapan
dokumen meta data dalam aplikasi perangkat lunak.
4.9.2
Merancang pemodelan
aplikasi perangkat lunak dengan dokumen meta data
|
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang mekanisme dokumen meta-data
·
Mengumpulkan data tentang mekanisme dokumen meta-data
·
Mengolah data tentang mekanisme dokumen meta-data
·
Mengomunikasikan tentang mekanisme dokumen meta-data
|
|
3.10 Mengevaluasi
pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
4.10
Mengelola rancangan
sistem aplikasi yang menggunakan dokumen meta-data
terhadap berbagai macam perangkat
|
3.10.1
Menjelaskan konsep
pengembangan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.10.2
Menjelaskan prosedur
pengembangan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.10.3
Menerapkan konsep
pengembangan dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.10.4
Menentukan jenis
pengembangan dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
4.10.1
Membuat pengembangan dalam
pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
|
|
20
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang pengembangan sistem
aplikasi berbasis meta-data
·
Mengumpulkan data tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
·
Mengolah data tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
·
Mengomunikasikan tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
|
|
0 Response to "Download Silabus C3 -pemodelan perangkat Lunak"
Post a Comment