Download Silabus C3 -pemodelan perangkat Lunak


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah            :   SMK Wira Buana 2
Bidang Keahlian        :   Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian :   Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran           :   Pemodelan Perangkat Lunak
Durasi (Waktu)          :   144 jam
Kelas/Semester          :   XI
KI-3 (Pengetahuan)    :   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)   :    Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.






Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1     Memahami konsep pemodelan berorientasi objek

4.1     Mempresentasikan konsep pemodelan berorientasi objek
3.1.1    Menjelaskan konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek.
3.1.2    Menjelaskan berbagai model perangkat lunak berorientasi obyek.
3.1.3    Menjelaskan parameter pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek.
4.1.1    Mempresentasikan model-model perangkat lunak berorientasi obyek
·      Model waterfall/ sekuensial liniear
·      Model prototype
·      Rapid Aplication Development
·      Model evolution development
·      Model spiral

8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek
·      Mengumpulkan data tentang konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek
·      Mengolah data tentang konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek
·     Mengomunikasikan tentang konsep pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek

3.2     Memahami kebutuhan sistem berorientasi objek

4.2     Mempresentasikan kebutuhan sistem berorientasi objek
3.2.1   Menjelaskan kebutuhan pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
3.2.2   Menerapkan kebutuhan pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek
4.2.1   Mempresentasikan  kebutuhan pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.

12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kebutuhan sistem berorientasi objek
·      Mengumpulkan data tentang kebutuhan sistem berorientasi objek
·      Mengolah data tentang kebutuhan sistem berorientasi objek
·     Mengomunikasikan tentang kebutuhan sistem berorientasi objek

3.3     Menerapkan alur kerja sistem berorientasi objek

4.3     Membuat alur kerja  sistem berorientasi objek
3.3.1   Menjelaskan alur kerja pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
3.3.2   Menentukan  alur kerja pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
4.3.1   Membuat alur kerja pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek

12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang alur kerja sistem berorientasi objek
·      Mengumpulkan data tentang alur kerja sistem berorientasi objek
·      Mengolah data tentang alur kerja sistem berorientasi objek
·     Mengomunikasikan tentang alur kerja sistem berorientasi objek

3.4     Menerapkan prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak

4.4     Membuat model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak
3.4.1   Menjelaskan instalasi aplikasi pemodelan perangkat lunak
3.4.2   Menjelaskan prosedur pembuatan model sistem dengan aplikasi perangkat lunak
3.4.3   Menentukan model sistem dengan aplikasi perangkat lunak
4.4.1   Membuat model sistem berorientasi obyek sesuai prosedur dengan aplikasi perangkat lunak

16
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak
·      Mengumpulkan data tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak
·      Mengolah data tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak
·     Mengomunikasikan tentang prosedur pembuatan model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak

3.5     Menerapkan relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek

4.5     Membuat relasi antar kelas sistem berorientasi objek
3.5.1   Menjelaskan konsep kelas dalam pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek.
3.5.2   Menjelaskan relasi antar kelas dalam sistem pemodelan perangkat lunak berorientasi obyek.
3.5.3   Menerapkan relasi antar kelas dalam pemodelan sistem perangkat lunak berorientasi obyek
4.5.1   Membuat pemodelan aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek dengan relasi antar kelas

16
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek
·      Mengumpulkan data tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek
·      Mengolah data tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek
·     Mengomunikasikan tentang relasi antar kelas dalam sistem berorientasi objek

3.6     Menerapkan interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek

4.6     Membuat interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
3.6.1   Menjelaskan konsep interaksi dalam model aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek
3.6.2   Menerapkan interaksi dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.6.3   Menentukan interaksi dalam model aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
4.6.1   Membuat pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek dengan interaksi.

16
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
·      Mengumpulkan data tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
·      Mengolah data tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek
·     Mengomunikasikan tentang interaksi antar objek dalam sistem berorientasi objek

3.7     Menerapkan struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek

4.7     Membuat struktur komponen dalam sistem berorientasi objek
3.7.1   Menjelaskan konsep komponen dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.7.2   Menjelaskan struktur antar komponen dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.7.3   Menerapkan struktur antar komponen dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak
4.7.1   Membuat model aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek menggunakan struktur antar komponen.

16
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
·      Mengumpulkan data tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
·      Mengolah data tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek
·     Mengomunikasikan tentang struktur antar komponen dalam sistem berorientasi objek

3.8     Menerapkan dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi  berorientasi objek

4.8     Membuat dokumen pengembangan aplikasi berorientasi objek
3.8.1   Menjelaskan konsep laporan dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.8.2   Menjelaskan parameter pembuatan laporan dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.8.3   Menentukan jenis pelaporan dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
4.8.1   Membuat model pelaporan dokumen dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.

12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi  berorientasi objek
·      Mengumpulkan data tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi  berorientasi objek
·      Mengolah data tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi  berorientasi objek
·     Mengomunikasikan tentang dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi  berorientasi objek

3.9     Menganalisis mekanisme dokumen meta-data

4.9     Mengkaji dokumen meta-data dan mekanisme implementasinya
3.9.1   Menjelaskan mekanisme dokumen meta data dalam pemodelan aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.9.2   Menerapkan dokumen meta data dalam pemodelan aplikasi perangkat lunak.
4.9.1   Menyeleksi penerapan dokumen meta data dalam aplikasi perangkat lunak.
4.9.2   Merancang pemodelan aplikasi perangkat lunak dengan dokumen meta data

16
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang mekanisme dokumen meta-data
·      Mengumpulkan data tentang mekanisme dokumen meta-data
·      Mengolah data tentang mekanisme dokumen meta-data
·     Mengomunikasikan tentang mekanisme dokumen meta-data

3.10 Mengevaluasi pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data

4.10 Mengelola rancangan sistem aplikasi yang menggunakan dokumen meta-data terhadap berbagai macam perangkat
3.10.1   Menjelaskan konsep pengembangan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.10.2   Menjelaskan prosedur pengembangan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.10.3   Menerapkan konsep pengembangan dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
3.10.4   Menentukan jenis pengembangan dalam sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.
4.10.1   Membuat pengembangan dalam pemodelan sistem aplikasi perangkat lunak berorientasi obyek.

20
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
·      Mengumpulkan data tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
·      Mengolah data tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data
·     Mengomunikasikan tentang pengembangan sistem aplikasi berbasis meta-data



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Silabus C3 -pemodelan perangkat Lunak"

Post a Comment